Candi Mendut Peninggalan Sejarah Yang Berharga

Sejarah Candi Mendut Yang Harus Di jaga

Pada kesempatan kali ini kami dari http://139.99.16.2 akan memberikan sedikit info bagi Anda tentang tempat wisata yang penuh dengan sejarah. Sebagai negara yang memiliki berbagai unsur sejarah yang menawan, membuat Indonesia memiliki berbagai macam bangunan masa lalu dari berbagai peninggalan kerajaan yang berdiri beberapa ratus tahun silam. Bangunan ini menjadi saksi bisu keberagaman budaya yang berpengaruh dari kebiasaan dan kepercayaan masa lalu.

Candi adalah bentuk peninggalan yang sampai saat ini masih berdiri kokoh walaupun, pernah mengalami berbagai macam renovasi. Salah satu keindahannya terletak pada cerita di balik di bangunnya candi tersebut. Salah satunya adalah Candi Mendut yang berada di daerah Magelang, Jawa tengah.

Keindahan Candi Mendut

Dilihat dari stuktur candinya sendiri merupakan candi kecil yang terdiri dari satu bangunan saja. berbeda dengan Candi Borobudur, candi prambanan atau candi plaosan yang menarik hati dengan ciri khas mereka yang megah dan menawan hati. Tetapi, jangan salah sangka dahulu bila mendut tidak mempunyai arti yang memikat hati.

Lantaran, kawasan ini ternyata mempunyai peranan yang sangat penting bagi umat Buddha. Memang, tempat ini belum memiliki nama dikalangan sobat native. Tetapi, perlu diketahui bahwa Candi mendut usianya lebih tua dibandingkan dengan candi bororbudur.

Legenda

Bukan Indonesia namanya bila sebuah tempat bersejarah tidak mengenal sebuah legenda atau cerita rakyat. Seperti halnya candi mendut yang terkenal dengan kisah roro mendutnya. Seorang perempuan dari sebuah dusun yang mendapatkan nasib kurang bagus lantaran mempunyai wajah cantik jelita.

Roro mendut awalnya dijadikan selir oleh Adipati Pragola seorang penguasa di kerajaan pati. Kemudian, kerajaan mataram melalui sultan agung menyerang kerajaan pati dan hancurlah kerajaan tersebut. Di bawalah roro mendut oleh sultan agung ke kerajaan mataram.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *