Awal Tahun 1986, Saat Orang Benar Membangun Jembatan Besi Di Hulu Sungai Tutoh

988sport – Sejak itu kami lagi tidak lagi sanggup mencari nafkah di sini. Jangan lagi menebang pohon kami, kami akan menyetop penebangan pohon dengan tenaga kami sendiri. Untuk di gunakan dalam usaha perkayuan orang penan termasuk wan maron sendiri berunjukrasa duduk dan terlibat dalam kampanye blokade.

Walaupun mereka di pindahkan oleh polisi setelah dua hari aksi mereka berhasil memberitahukan dunia tentang krisis yang terjadi di sarawak. Dengan berstandar pada pengalaman mereka merencanakan sebuah kampanye blokade serentak di jalan penebang kayu di segenap pelosok serawak.

Saya sempat mengunjungi mereka sematara mereka sedang sibuk membahas kampanye itu. Kampanye blokade itu di lancarkan dalam bulan maret 1987, tepat nya setelah lawatan saya. Lelaki perempuan dan anak-anak melakukan unjuk rasa lebih dari sepuluh lokasi hutan tropis di mana penggergajian kayu baru di mulai.

Yang hanya di terangi oleh sebuah lampu kecil di lantai. Satu per satu, mereka menjabat tangan saya dengan sopan untuk menyambut ke datangan saya Para pemuda nya yang hanya bercelana pendek, berperawankan kuat dan ciri raut wajah nya menarik dan perempuan nya bersarung batik.

Nampak cantik dan anak mereka manis sekali, lebih dari dua puluh keluarga atau sekitar seratus orang desa telah berkumpul memenuhi ruang rapat itu. Saya dengar bahwa mereka adalah suku nomad penan yang tinggal di pedalaman hutan dalam sekejap mereka mampu mendirikan gubuk dari kayu dan daun pisang.

Berburu di kawasan itu, mengumpulkan sagu dan jamur lalu berpindah lagi ketempat lain setelah sekian bulan. Saya membayangkan bahwa wajah mereka menampakan keberanian nya, rupa nya sangat lembut. Mereka menyambut wanita jepang yang pertama kali mereka lihat hidup nya seolah saya adalah temen mereka.

Jarong menjelaskan bahwa lebih dari sepuluh pohon sarawak yang tumbang di ekspor ke jepang. Setelah terhanyaut dalam diskusi yang hangat. Wan maron kepala desa nya berkata walaupun kami mengandalkan hutan bagi kehidupan kami usaha penebang kayu telah sampai di kawasan ini.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *